PSIKOLOGI BELAJAR
Universitas Bina Darma Palembang
PENDAHULUAN



Pengaruh Pra Psikologi Terhadap Studi Belajar

Objek studi dari para filosof adalah peranan pikiran individu dalam mempersepsikan dunianya.
Aristoteles : belajar itu melalui asosiasi
Tiga hukum asosiasi : contiguity, similarity dan law of contrast.

Psikologi belajar menggunakan pendekatan ilmiah untuk studi perilaku. Kesimpulan kesimpulan psikologis harus berdasarkan hasil observasi yang tepat dan objektif.
Penelitian Awal tentang Studi Belajar

Variabel yang mempengaruhi ingatan: waktu, tipe dan jumlah materi, pengalaman.

Sistem Psikologi menjelaskan perilaku secara komprehensif sedangkan Teori Psikologi menjelaskan sebagian perilaku.
Sistem-sistem Psikologi :
a. Strukturalisme d. Behaviorisme
b. Fungsionalisme e. Psikologi gestalt
c. Asosiasionisme f. Psikoanalisa
Teori-teori Belajar
Pengaruh dari sistem/ aliran psikologi mulai berkurang pada 1930 dan beralih ke teori psikologi,sebab penelitian psikologi terfokus pada masalah proses sentral psikologi, seperti belajar, motivasi, dll.
Teori-teori belajar komprehensif menjadi kekuatan baru yang dominan dalam psikologi karena:
- Psikologi mengutamakan penelitian dan percobaan-percobaan
- Tekanan studi psikologi menggunakan observasi perilaku
- Tekanan kepada pentingnya proses belajar
- Analisis S-R dalam studi perilaku
- Penelitian mengenai belajar merupakan upaya ilmu dasar bukan sekedar ilmu terapan


sEr = sHr x V x D x K – (Ir + sIr)

Tolman berpendapat bahwa melalui perilaku bertujuan, proses belajar bukanlah sesuatu situasi yang dapat diamati semuanya, tetapi proses nyata dari belajar terdiri dari operasi kognitif yang terpusat.



Pendekatan-pendekatan Kontemporer

pendekatan asosiasi mementingkan ikatan S-R dalam belajar, sedangkan pendekatan kognitif mementingkan proses kognitif yaitu adanya proses mental yang tinggi.

mementingkan struktur biologis dalam mempelajari respon organisme

menerapkan pendekatan asosiasi dan kognitif.
PENGERTIAN BELAJAR
Belajar adalah proses dimana suatu aktivitas berasal atau berubah melalui reaksi pada situasi yang ditemui, asalkan ciri perubahan aktivitasnya tidak dapat dijelaskan sebagai kecenderungan respon dasar, kematangan, atau proses tubuh organisma yang bersifat sementara.
Belajar adalah proses dimana suatu aktivitas berasal atau berubah melalui reaksi pada situasi yang ditemui, asalkan ciri perubahan aktivitasnya tidak dapat dijelaskan sebagai kecenderungan respon dasar, kematangan, atau proses tubuh organisma yang bersifat sementara.

a. membawa perubahan
b. adanya kecakapan baru
c. adanya usaha
Ciri-ciri Perubahan Perilaku dalam Belajar
- Terjadi secara sadar
- Bersifat kontinu dan fungsional
- Bersifat positif dan aktif
- Bukan bersifat sementara
- Bertujuan atau terarah
- Mencakup seluruh aspek perilaku individu
Perilaku Bukan Belajar
Menurut,Hilgard:
• Respon bawaan: Gerak refleks, tropisms, insting
• Kematangan: pertumbuhan
• Kelelahan
Dirambahkan oleh Wittig:
• Motivasi
• Kepekaan dan kebiasaan
• Adaptasi sensori
• Ciri-ciri fisiologis
• Kondisi belajar
Belajar psikologi di sini gratis: Universitas Psikologi. Banyak artikel psikologi. terbaru.
BalasHapus